hal.112-117
Tehnik Pemilihan Media
Require
learner respose
Sebagai guru perlu
mengamati respon siswa terhadap penggunaan media tersebut. Respon ini berupa
respon positive maupun negative. Untuk melihat respon ini guru dapat langsung
menanyakan kepada siswa atau membuat angket sederhana khusus mengungkap respon
ketertarikan siswa dan keterbacaan media (media literacy). Missal seorang guru
bahasa inggris di SD menggunakan media flash card untuk melatih kosa kata
dengan cara permainan
Evaluate
Model assure yaitu
melakukan evaluasi. Dengan membuat suatu keputusa tentang nilai suatu objek.
Keputusan evaluasi didasarkan pada pengamatan, pengukuran, pada akhirnya
menghasilkan suatu keputusan tentang nilai suatu objek yang dinilai.
Esensi evaluasi
bertujuan untuk :
·
Mengetahui tingkat pencapaian kompetensi
siswa
·
Mengukur pertumbuhan dan perkembangan
siswa
·
Mendiagnosis kesulitan belajar
·
Mengetahui hasil pembelajaran
·
Mengetahui pencapaian kurikulum
·
Mendorong guru untuk belajar lebih baik
Prosedur pemilihan
model Anderson
Penjelasan :
1.
Langkah awal adalah menentukan
karakteristik pesan yang akan disampaikan
2.
Mengkaji bagaimana metode yang tepat
sesuai karakteristik pembelajaran
3.
Pesan pembelajaran perlu dianalisis
lebih operasional terutama kaitannya dengan karakteristik tujuan menganalisis
kompetensi diantaranya :
Ø Kompetensi
kognitif meliputi tingkatan pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis,
sintesis, dan penilaian
Ø Kompetensi
afektif meliputi pemberian respons, penilaian, apresiasi, dan internalitas
Ø Kompetensi
psikomotorik meliputi keterampilan gerak awal, semi rutin, dan rutin
4.
Menentukan media yang cocok dan sesuai
dengan karakteristik siswa dari jumlah siswa, fasilitas, biaya yang tersedia
5.
Evaluasi dilakukan untuk
mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan media yang telah menjadi pilihan
6.
Melakukan peencanaan untuk pengembangan
dan produksi media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar